Desain Semantic Network Pada Proses Pembelajaran Kimia

Pengertian Semantic Network
Semantik (dari Bahasa Yunani: semantikos[1][2], memberikan tanda, penting, dari kata sema, tanda) adalah cabang linguistik yang mempelajari arti/makna yang terkandung pada suatu bahasa, kode, atau jenis representasi lain. Dengan kata lain, Semantik adalah pembelajaran tentang makna. Semantik biasanya dikaitkan dengan dua aspek lain: sintaksis, pembentukan simbol kompleks dari simbol yang lebih sederhana, serta pragmatika, penggunaan praktis simbol oleh komunitas pada konteks tertentu.
      Kata semantik itu sendiri menunjukkan berbagai ide - dari populer yang sangat teknis. Hal ini sering digunakan dalam bahasa sehari-hari untuk menandakan suatu masalah pemahaman yang datang ke pemilihan kata atau konotasi. Masalah pemahaman ini telah menjadi subyek dari banyak pertanyaan formal, selama jangka waktu yang panjang, terutama dalam bidang semantik formal.
Jaringan semantik adalah gambaran pengetahuan grafis yang menunjukkan hubungan antar berbagai objek, terdiri dari lingkaran-lingkaran yang dihubungkan dengan anak panah yang menunjukkan objek dan informasi tentang objek-objek tersebut. Gambar berikut menunjukkan representasi pengetahuan menggunakan jaringan semantik.
Konsep jaringan semantik diperkenalkan pada tahun 1968 oleh Ross Quillin. Jaringan semantic merupakan teknik representasi kecerdasan buatan klasik yang digunakan untuk informasi proposional (Giarrantano dan Riley, 1994). Yang dimaksud denganinformasi proporsional adalah pernyataan yang mempunyai nilai benar atau salah.Informasi proporsional merupakan bahasa deklaratif karena menyatakan fakta.

    Jaringan semantik merupakan penggambaran grafis dari pengetahuan yang melibatkan hubungan antara obyek-obyek :.
Obyek direpesentasikan sebagai simpul (node) pada suatu grafik berbentuk lingkaran dan hubungan antara obyek-obyek dan factor deskriptif dinyatakan oleh garis penghubung (link) atau garis lengkung (arch) berlabel.
–  Obyek dapat berupa jenis fisik, seperti:   buku,mobil, meja, atau bahkan orang; merupakan pikiran, seperti: hukum Ohm; suatu peristiwa/ kejadian, seperti: piknik atau suatu pemilihan; atau tindakan, seperti: membuat rumah atau menulis buku.
–  Atribut obyek, seperti: ukuran, warna, kelas, umur, asal-usul, atau karakteristik lainnya bisa digunakan sebagai node. Dalam hal ini, informasi rinci tentang sesuatu obyek bisa ditampilka dengan baik.

Tujuan Dari Pembuatan Jaringan Sematik
Tujuan pembuatan jaringan semantik adalah untuk merepresentasikan organisasi dari ide-ide dalam materi pembelajaran agar dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu pembelajaran.  Dengan mengajak siswa menganalisis struktur ide-ide yang dipelajari, berarti membantu kita untuk menganalisis struktur pengetahuannya, yang akan membantunya untuk memadukan ide baru dengan ide yang sudah ada.  Sebagai hasilnya, pengetahuan yang diperoleh lebih utuh dan dapat digunakan dengan lebih akurat.

Jenis-Jenis Jaringan Sematik
1. Umum-Khusus
2. Teknik-Aplikasi
3. Persyaratan-Kelanjutan
4. Sistem-Komponen
5. Sinonim
6. Perbedaan
7. Hubungan

KELEBIHAN JARINGAN SEMANTIK
1. Dapat diperluas
Kita dapat dengan mudah memperluas (expanding) jaringan semantic dengan menambah NODE dan menghubungkan dengan NODE yang bersesuaian pada Jaringan Semantik Node baru tersebut dapat merupakan objek tambahan atau property Tambahan.
2. Dapat Diwariskan (inheritance)
Node yang ditambahkan pada Jaringan Semantik secara otomatis mewarisi informasi yang telah ada pada Jaringan.
3. Mudah melacak asosiasinya
Salah satu cara untuk menggunakan Jaringan Semantik adalah dengan bertanya pada node.
4. Kelebihan lain Mudah untuk mengikuti hirarki karena digambarkan secara umum dan fleksibel
contoh semantic network yang penulis buat pada pembelajaran kimia


permasalahan
dari penjabaran di atas, terdapat jenis" semantik network. nah, dalam membuat semantik network ini apakah jenis" nya tadi bisa dikombinasikan? tolong jelaskan! dan menurut kalian apakah dengan guru membuat semantik network ini dapat menjelaskan proses pembelajaran yang ingin dilaksanakan? tolong jelaskan!
dan berilah kritik dan saran Anda mengenai inovasi yang saya buat. apakah cocok untuk diterapkan di Indonesia?

Komentar

  1. apakah dengan guru membuat semantik network ini dapat menjelaskan proses pembelajaran yang ingin dilaksanakan?

    Mungkin untuk guru ini bermanfaat karena menggambarkan proses keseluruhan dari materi yang diajar dan materi yang diajar tentu harus saling berkaitan antar submaterinya dan dapat memperlihatkan hubungan kesatuan. Lalu dengan yang dibuat guru dapat ditampilkan pada siswa sehingga siswa dapat melihat apakah pembelajaran ini sesuai seperti yang dia inginkan mengenai alat bantunya atau nilai-nilai yang diajarkan lalu nanti siswa dapat menambahkan ide dalam semantik network yang dibuat tadi sehingga terciptalah pembelajaran yang diinginkan siswa

    Semantik network yang anda buat bagus namun perlu ditambahkan keterangan agar orang lain paham tujuan semantik network yang anda buat seperti apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedikit memperkuat komentar dari Fanny, semantik network tentu dapat menjelaskan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan karena model ini menggambarkan proses materi yang akan diajarkan secara keseluruhan dan jelas mana materi atau submateri yang saling berkaitan. Dan hal ini sangat membantu dalam pemahaman konsep bagi siswa. Selain itu model semantic network ini juga diyakini mampu membuka dan memperluas wawasan siswa.

      setuju dengan pendapat fanny, Semantik network yang anda buat bagus namun perlu ditambahkan keterangan agar orang lain paham tujuan semantik network yang anda buat seperti apa

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat rifany dan kk nelly, bahwasannya guru membuat semantik network tentu dapat menjelaskan proses pembelajaran yang ingin dilaksanakannya karena pembuatan semantik network ini memiliki tujuan untuk menggambarkan secara grafis dari pengetahuan yang melibatkan hubungan antara obyek-obyek, dimana objek ini merupakan komponen-komponen dari proses pembelajaran yang akan dilakukan oleh guru.

      Menurut saran saya desain yang dibuat oleh rina cukup bagus namun akan lebih baik setiap gambar diberi keterangan agar lebih mudah dipahami

      Hapus
    3. Saya sependapat dengan kk fanny kk nelly dan kk fero bahwa semantic network ini biss digunkan guru dalam pembelajaran. Karena dengan adanya semantic network ini pembelajaran guru akan lebih tersistem dan terarah. Dan juga bisa mengembangkan kemampuan guru dalam membuat konsep pembelajaran .

      Hapus
    4. terimakasih atas pendapat teman", lalu jika memang begitu bisakah semantic network ini membuat siswa memiliki pola pikir seperti ini yang bercabang"?

      Hapus
    5. penekanan pada materi yang penting, bisa menjadi salah satu solusi agar siswa bisa terarah dalam mempelajari materi ini. tidak mengembang kemana-mana

      Hapus
  2. menanggapi pertanyaan kak rina menurut saya dengan guru membuat semantik network tentu dapat menjelaskan proses pembelajaran yang ingin dilaksanakannya karena pembuatan semantik network ini memiliki tujuan untuk menggambarkan secara grafis dari pengetahuan yang melibatkan hubungan antara obyek-obyek, dimana objek ini merupakan komponen-komponen dari proses pembelajaran yang akan dilakukan oleh guru. seperti yangbtelah disebutkan bahwa antara node dan link dalam semantik network tentu dibuat dengan memiliki hubungan tertentu. hubungan ini merupakan dasar penting dalam semantik network karena menyediakan struktur struktur dasar untuk pengorganisasian proses pembelajaran yang ingin guru laksanakan.

    sama seperti kak rifanny saya juga ingin menyarankan pada semantik network yang telah kak rina buat akan lebih baik bila diberi keterangan pada setiap gambarnya untuk lebih menegaskan apa yang kak rina maksudkan karena persepsi setiap orang akan sesuatu itu berbeda-beda, hal ini akan menguragi terjadinya miskonsepsi terhadap semantik network yang telah dibuat. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sependapat dengan saudari syafira, menurut saya menenai "menurut kalian apakah dengan guru membuat semantik network ini dapat menjelaskan proses pembelajaran yang ingin dilaksanakan?" seharusnya ini memang dapat menjelaskan proses karna disini kita mendesain menghubungkan satu sama lain sehingga dapat menjelaskan proses pembelajaran yang ingin dilakukan.

      Hapus
    2. terimakasih atas tanggapannya, lalu bagaimana didalam keadaan guru Indonesia sekarang? apakah RPP tidak cukup dalam menggambarkan proses pembelajaran?

      Hapus
    3. sependapat dengan kak fira dan bang sugeng, dan sedikit menambahkan semantik network tentu dapat menjelaskan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan karena model ini menggambarkan proses materi yang akan diajarkan secara keseluruhan dan jelas mana materi atau submateri yang saling berkaitan. Dan hal ini sangat membantu dalam pemahaman konsep bagi siswa. Selain itu model semantic network ini juga diyakini mampu membuka dan memperluas wawasan siswa.

      Hapus
  3. sependapat dengan fira dan fanny, menurut saya semantik network ini layaknya mind mapping dalam pembelajaran biasanya, semantic memuat apa yang akan dipelajari, apa yang hendak dicapai dari materi dan bagaimana implikasinya dalam kehidupan. semantic network ini sangat bermanfaat jika digunakan oleh guru, namun untuk mengoptimalkan penerapannya guru harus bekerja ekstra saat planning, pelaksanaan dan mengevaluasi bagaimana hasil akhir jika semantic ini diterapkan dalam proses pembelajaran

    sependapat jua dengan fira dan fanny, hendaknya pada semantic network yang rina buat memiliki keterangan yang jelas sehingga lebih mudah dipahami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sependapat dengan fira dan fanny, menurut saya semantik network ini layaknya mind mapping dalam pembelajaran biasanya, semantic memuat apa yang akan dipelajari, apa yang hendak dicapai dari materi dan bagaimana implikasinya dalam kehidupan.

      Inovasi yg di berikan sudah sesuai dengan kecerdasan buatan dimana menggunakan pv cam.

      Setuju juga dengan semantic yg di buat di buat keterangan nya agar lebih di pahami.

      Hapus
  4. saya setuju dengan pendapat diatas bahwa semanticnya perlu diperjelas sehingga tidak menimbulkan penafsiran ganda. karena inovasi ini dikembangkan untuk peserta didik. maka kita harus seperinci, dan sesistematis dalam membuatnya

    BalasHapus
  5. saya juga setuju dengan bahwa sematicnya diberi keterangan, padahal alur berfikir rina ini sangat bagus karena dapat memasukkan AI dalam proses pembelajaran. dan daran saya di media yang digunakan buatlah keterkaitan dengan kehidupan sehari-hari atau pengalaman siswa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas masukkannya esa, akan saya perbaiki untuk ke depannya nanti.

      Hapus
  6. Saya setuju dengan pendapat teman2 bahwa memang tujuan dari membuat semantic network adalah untuk menunjukkan gambaran proses pembelajaran yang akam dilaksanakan dengan beragai cara dan media yang berbeda, sehingga jelas dengan keterangan harus apa dan selanjytnya apa dalam proses pemb tsb

    BalasHapus

Posting Komentar